Senin, 01 Oktober 2012

Jawaban Pertanyaan Kelompok VIII


JAWABAN PERTANYAAN KELOMPOK 8
1.      Bahaya apa saja yang timbul akibat pencemaran air?
Penecemaran air memiliki dampak yang sangat banyak, karena air memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia, diantaranya adalah :
  •      Dapat menyebabkan banjir
  •      Erosi
  •      Kekurangan sumber air
  •      Dapat membuat sumber penyakit
  •      Tanah Longsor
  •      Dapat merusak Ekosistem sungai
  •      Kerugian untuk Nelayan
2.      Sebutkan penyebab terjadinya polusi air?
Pencemaran air terjadi pada sumber-sumber air seperti danau, sungai, laut dan air tanah yang disebabkan olek aktivitas manusia. Air dikatakan tercemar jika tidak dapat digunakan sesuai dengan fungsinya. Walaupun fenomena alam, seperti gunung meletus, pertumbuhan ganggang, gulma yang sangat cepat, badai dan gempa bumi merupakan penyebab utama perubahan kualitas air, namun fenomena tersebut tidak dapat disalahkan sebagai penyebab pencemaran air.
Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.
·         Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi.
·         Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem.
·         Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat, toksin organik, minyak, nutrien dan padatan. Air limbah tersebut memiliki efek termal, terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik, yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air.
·         Seperti limbah pabrik yg mengalir ke sungai seperti di sungai citarum
·         pencemaran air oleh sampah
·         Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan

3.      Bagaimana usaha kita untuk mencegah dan mengatasi pencemaran air?
Untuk mencegah agar tidak terjadi pencemaran air, dalam aktivitas kita dalam memenuhi kebutuhan hidup hendaknya tidak menambah terjadinya bahan pencemar antara lain tidak membuang sampah rumah tangga, sampah rumah sakit, sampah/limbah industri secara sembarangan, tidak membuang ke dalam air sungai, danau ataupun ke dalam selokan. Tidak menggunakan pupuk dan pestisida secara berlebihan, karena sisa pupuk dan pestisida akan Pencemaran air yang telah terjadi secara alami misalnya adanya jumlah logam-logam berat yang masuk dan menumpuk dalam tubuh manusia, logam berat ini dapat meracuni organ tubuh melalui pencernaan karena tubuh memakan tumbuh-tumbuhan yang mengandung logam berat meskipun diperlukan dalam jumlah kecil. Penumpukan logam-logam berat ini terjadi dalam tumbuh-tumbuhan  karena terkontaminasi oleh limbah industri. Untuk menanggulangi agar tidak terjadi penumpukan logam-logam berat, maka limbah industri hendaknya dilakukan pengolahan sebelum dibuang ke lingkungan.fosfat merupakan makanan bagi tanaman air seperti enceng gondok yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran air.
4.       Bagaimana cara kerja air dalam tubuh ?
Air berperan dalam menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Terutama dalam proses pembentukan protein dan pemecahan protein. Pada proses pembentukan protein air dilepaskan, sedangkan dalam proses pemecahan protein menjadi asam amino air kembali dibutuhkan.
5.      Hal apakah yang akan teman-teman lakukan jika di dunia ini sudah jarang di temukan air bersih ?
Saat ini air bersih sudah langkah untuk ditemukan, ditambah banyaknya air yang ada saat ini sudah banyak tercemar oleh berbagai macam polusi, hal yang akan dilakukan kami jika persediaan air bersih sudah jarang yang pertama adalah berusaha untuk mennghemat penggunaan air bersih itu sendiri ( tidak membuang secara boros persediaan air bersih yang ada), selain itu juga saat ini sudah banyak berkembang cara untuk bisa mengubah air yang tidak bersih   menjadi air yang bersih, diantara beberapa cara tersebut kita bisa memilih salah satu, namun harus tetap mempertimbangkan  apakah hasil dari proses yang kita pilih akan menghasilkan air bersih secara fisika dan kimia
  

0 komentar:

Posting Komentar