Senin, 01 Oktober 2012

Jawaban Pertanyaan Kelompok II


JAWABAN PERTANYAAN KELOMPOK 2 

1. Mendung merupakan kumpulan uap dari air laut. Pada saat mendung, uap air yang berupa gas berubah menjadi zat cair. Pada proses ini menghasilkan kalor yang akan dikeluarkan ke udara. Mendung berada lebih rendah dari awan yang berwarna putih, makan semakin dekat mendung ke bumi panas akan semakin tinggi pula. Suhu dapat lebih tinggi bila sebelum mendung terjadi sinar matahari yang sangat terik, karena sebagai hasil dari akumulasi  pelepasan kalor oleh proses tersebut diatas dengan sisa panas yang dipancarkan bumi setelah menerima energi panas dari matahari.

2. Hujan asam disebabkan oleh 2 polutan udara, Sulfur Dioxide (SO2) dan nitrogen oxides (NOx) yang keduanya dihasilkan melalui pembakaran.
akibat hujan asam
a.       Kelebihan zat asam pada danau akan mengakibatkan sedikitnya species yang bertahan. Jenis plankton dan invertebrate merupakan mahkluk yang paling pertama mati akibat pengaruh pengasaman.
  b. Kadar SO2 yang tinggi di hutan menyebabkan noda putih atau coklat pada permukaan daun, jika hal ini terjadi dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan kematian tumbuhan tersebut.
  c. Sulphur dioxide yang dihasilkan oleh hujan asam juga dapat bereaksi secara kimia di dalam udara, dengan terbentuknya partikel halus suphate, yang mana partikel halus ini akan mengikat dalam paru-paru yang akan menyebabkan penyakit pernapasan. Selain itu juga dapat mempertinggi resiko terkena kanker kulit karena senyawa sulfat dan nitrat mengalami kontak langsung dengan kulit.
 d. Hujan asam juga dapat mempercepat proses pengkaratan dari beberapa material seperti batu kapur, pasir besi, marmer, batu pada diding beton serta logam.

3. karena gas CO mempunyai kemampuan mengikat hemoglobin (Hb) yang terdapat dalam sel darah merah (eritrosit) lebih kuat daripada oksigen sehingga sel darah merah akan makin kekurangan O2, oleh karena yg diangkut adalah CO dan bukan O2 (oksigen). pembuluh darah akan mudah rusak dengan terjadinya proses aterosklerosis (penyempitan). Penyempitan pembuluh darah akan terjadi dimana-mana. Di otak, jantung, paru, ginjal, kaki, di saluran peranakan, di ari-ari pada wanita hamil

 4. akibatnya adalahplolusi yg terdapat diudara semakin banyak karena premium memiliki nilai oktan yg lebih rendah dari pertamax sehingga premium pembakarannya tidak sempurna sehingga polutan yg dihasilkan dari mesin yg menggunakan premium lebih banyak daripada yang menggunakan pertamax. Emisi kendaraan bermotor mengandung berbagai senyawa kimia. Komposisi dari kandungan senyawa kimianya tergantung dari kondisi mengemudi, jenis mesin, alat pengendali emisi bahan bakar, suhu operasi dan faktor lain yang semuanya ini membuat pola emisi menjadi rumit. tapi biasanya bahan pencemar yang terutama terdapat didalam gas buang buang kendaraan bermotor adalah karbon monoksida (CO), berbagai senyawa hindrokarbon, berbagai oksida nitrogen (NOx) dan sulfur (SOx), dan partikulat debu termasuk timbel (PB). 

5. Karena kandungan oksigen di udara kita tidak bisa lebih banyak dari saat ini dan sudah mendekati batas atas yang aman bagi kehidupan. Apabila terjadi kenaikan 1 % kandungan oksigen di dalam atmosfer, maka persentase kebakaran hutan akan meningkat sebesar 70 %. Kandungan oksigen yang terdapat saat ini, merupakan hasil sistem daur ulang yang hebat. Manusia dan hewan menghirup banyak oksigen dan melepaskan karbon dioksida, sedangkan tumbuhan menangkap karbon dioksida dan mlepaskan oksigen. Kerja sama antar makhluk hidup ini menghasilkan sebuah keseimbangan bagi kehidupan. Apabila seluruh makhluk hidup hanya mengambil karbondioksida dan melepaskan oksigen, maka atmosfer di bumi memungkinkan untuk terjadinya pembakaran lebih daripada biasanya mengingat sifat oksigen yang sangat reaktif, sedangkan apabila seluruh makhluk hidup hanya menghirup oksigen dan melepaskan karbondioksida, maka kehidupan di bumi ini akan punah dengan begitunya mengingat habisnya oksigen yang terdapat di atmosfer.

0 komentar:

Posting Komentar